Home » , » Dampak Positif dan Negatif Tidur Larut Malam

Dampak Positif dan Negatif Tidur Larut Malam

Written By Unknown on Monday, January 10, 2011 | 2:18 PM

Dampak Positif dan Negatif Tidur Larut Malam
Tidur Larut Malam, Bangun Siang dan Tidur yang Teratur
Dampak Positif dan Negatif Tidur Larut Malam - Banyak orang menganggap kalau kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang itu tidak baik bagi kesehatan,   namun ada sebagian orang juga yang menjelaskan bahwa tidur larut malam dan bangun siang itu juga bisa membuat karier lebih sukses di banding yang biasa, namun dalam hal ini alangkah baiknya kita membahas secara lengkap antara danpak positif dan negatif daripada tidur malam tersebut.

Dampak Negatif Tidur Larut Malam
Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini memercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT, SGPT), namun menjelang Hari Raya Imlek 2007 diketahui positif menderita kanker hati (sepanjang 10 cm).

Penyebab utama kerusakan hati , adalah:
  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
  2. Pola makan yang berlebihan
  3. Tidak makan (sarapan) pagi
  4. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan
  5. Terlalu banyak mengonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, dan pemanis buatan ; serta
  6. Mengonsumsi minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan. Hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil . Jangan mengonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat 
  7. Mengonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur - mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan. (nutrindonesia)
Namun dibalik itu juga terdapat sisi positif bagi yang biasa tidur larut malam dan bangul siang tersebut, dalam hal ini banyak kenyataannya yang tidur larut malam dan bangun siang itu bisa lebih sukses karirnya dibanding orang yang tidur seperti biasa dan bangun pagi. wah kok bisa demikian ya??

Dampak Positif Tidur Larut Malam
Adapun manfaatnya ketika tidur larit malam, seperti yang dijelaskan Para peneliti dari University of Madrid meneliti hampir 1.000 orang remaja dan menemukan bahwa orang yang suka terjaga hingga larut malam lalu bangun siang memiliki beberapa kualitas yang lebih unggul dibanding yang tidur lebih dini, terutama aspek kecerdasan, penalaran, pemikiran konseptual dan analitis.

Orang yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi di sekolah. Tapi untuk masalah kesuksesan karir, peneliti menemukan orang yang bangun siang lebih unggul. Peneliti menduga bahwa kecenderungan ini disebabkan karena perilaku yang dilakukan setelah matahari terbenam cenderung menarik orang dengan rasa ingin tahu yang besar.

"Orang yang bangun siang cenderung menjadi orang yang lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman dan penemu. Sedangkan yang bangun pagi lebih banyak berpikir deduktif seperti yang sering dilakukan pegawai negeri dan akuntan," kata Jim Horne, profesor psikofisiologi di Loughborough University seperti dilansir Medical Daily, Kamis (28/3/2013)

Untuk membandingkan kedua tipe orang ini, Horne menegaskan ada 2 perbedaan yang mencolok. Orang yang tidur lebih larut malam dan bangun siang cenderung lebih sosial dan lebih berorientasi pada manusia. Sedangkan orang yang bangun pagi cenderung lebih mengutamakan berpikir logis.

Tak hanya itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion ini juga menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia. Diduga sebabnya karena jam biologis orang yang bangun pagi pada umumnya lebih sesuai dengan masyarakat.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan Angkatan Udara AS juga menunjukkan bahwa orang yang bangun siang lebih unggul dalam 'berpikir lateral'. Penelitian lain dari University of Southampton juga menemukan bahwa orang yang bangun siang rata-rata memiliki penghasilan yang lebih besar.

Nah mungkin itu sedikit pengetahuan tentang Manfaat Positif dan Negatif Tidur Larut Malam, semoga artikel ini bisa menjadikan suatu gambaran bagaimana cara yang baik untuk kita bisa mengatur tidur kita. 

2 comments: